Model Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Masyarakat Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun 2018)

Hanik, Nisaul (2018) Model Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Masyarakat Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun 2018). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COver.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiamana implementasi dan efektivitas model pendidikan akhlak anak usia dini di masyarakatRowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun 2018. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan implementasi dan evektifitas model pendidikan akhlak anak usia dinidi masyarakat Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun 2018. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan dengan strategi penelitian studi kasus. Peneliti berupaya untuk memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya secara mendalam dan mendeskripsikannya dalam bentuk naratif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan studi kasus, dimana data kasus yang diperoleh pada penelitian ini berada pada wilayah Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang yang dikhususkan pada anak usia dini. Berdasarkan data yang diperoleh serta hasil analisis dari penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:1)Masyarakat kelurahan Rowosari menggunakan model pendidikan akhlak anak yang berbeda-beda dan bervariasi. Model masing-masing memberi keefektivan dalam belajar. Juga berpengaruh dalam pendidikan dan sikap anak. 2)Dalam penelitian ini, penulis meneliti beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas pendidikan akhlak anak usia dini di masyarakat Rowosari khususnya di Rw 5. Faktor utama adalah dari orang tua itu sendiri, karena orang tua lah guru nomor satu untuk anak, sebagai contoh atau suri tauladan sehari-hari. Penulis juga menemukan model pendidikan akhlak anak usia dini menampakkan tingkat efektifitas sedang. Sehingga perlu ditingkatkan dari tokoh masyarakat mulai perangkat desa sampai bawahnya. Kata kunci: Model Pendidikan Akhlak, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:25
Last Modified: 21 Nov 2019 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13612

Actions (login required)

View Item View Item