Suyatmo, Suyatmo (2018) Efektivitas Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah (MA) (Studi Kasus Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran SKI di MA Yapim Ngeluk, Penawangan, Grobogan Tahun 2017). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (823kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (309kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (631kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (577kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (511kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan efektivitas penerapan metode beramian peran (role playing) dalam pembelajaran mata pelajaran SKI. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi dan efektivitas penerapan metode bermain peran (role playing) pembelajaran mata pelajaran SKI di MA YAPIM Ngeluk, Penawangan, Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menganalisa data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan antara lain: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang melibatkan, pengurus yayasan, kepala sekolah, pengawas, guru kelas sepuluh, Tata Usaha,dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada implementasi metode bermain peran (role playing), dilihat dari aspek perencanaan sudah baik dilihat dari RPP yang disusun oleh guru sudah sesuai dengan prosedur dan memuat langkah-langkah penerapan metode bermain peran (role playing). Dari aspek pelaksanaan, efektiv, karena penerapan metode bermain peran (role playing), menimblkan motivasi, minat, dan aktivitas sangat besar belajar peserta didik. Dari aspek evaluasi penerapan metode bermain peran (role playing), terdapat kendala yang muncul, namun tidak mengganggu KBM dan dapat diselesaiakan dengan baik. Sedangkan Efektivitasprogram penerapan metode bermain peran (role playing), sudah efektiv karena sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun oleh guru. Adapun efektivitas hasil penerapan metode bermain peran (role playing), adanya efektivitas meningkat, dilihat dari aspek motivasi, minat, dan aktivitas belajar peserta didik. Kata kunci: Implementasi, Efektivitas, Metode, Role playing, SKI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 07:23 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 07:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13610 |
Actions (login required)
View Item |