SUGIMIN, SUGIMIN (2018) EFEKTIVITAS METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUS SA'ADAH KARANG INGAS TLOGOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (493kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (101kB) |
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (95kB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (203kB) |
|
Text
BabI.pdf Download (512kB) |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (212kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (608kB) |
Abstract
Kajiannya dilaatarbelakangi karena al-Qur’an dan Hadis merupakan sumber hukum semua umat manusia, jadi mempelajarinya hukumnya fardu ‘ain bagi semua umat muslim. Namun pada kenyataannya masih banyak didapati peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran al-Qur’an dan Hadis di sekolah, maka dari itu pentingnya diterapkan metode reading aloud dalam pembalajaran al-Qur’an Hadis. Studi ini dimaksud untuk menjelaskan permasalahan (1) Bagaimana penerapan metode reading aloud di Mts. Darus Sa’adah Tlogosari, dan (2) Bagaimana efektivitas metode reading aloud dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di Mts. Darus Sa’adah Karangingas Tlogosari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yakni kegiatan penelitian yang dilakukan di lingkungan sekolah tertentu dengan mendatangi langsung obyek yang dituju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mereduksi data, penyajian data, verifikasi data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reading aloud terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode reading aloud sudah baik, karena sesuai dengan langkah-langkah. Pelaksanaan metode reading aloud dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di Mts. Darus Sa’adah sudah efektif, yang terdiri dati tiga tahap yakni pendahuluan, inti, dan penutup, hal tersebut sudah sesuai. Evaluasi metode reading aloud dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan RPP. Penerapan metode reading aloud pada pembelajaran al-Qur’an Hadis sangat efektif diterapkan di Mts. Darus Sa’adah Tlogosari, hal tersebut terlihat dari tingkat kefahaman siswa terhadap materi yang disampainkan, dan peserta didik terlihat senang dan antusias pada pembelajaran al-Qur’an Hadis dengan diterapkannya metode reading aloud. kata kunci: efektivitas, metode reading aloud, pembelajaran al-Qur’an Hadis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 02:53 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 02:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13380 |
Actions (login required)
View Item |