PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO EQUITY RATIO, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN DIVIDEN PAYOUT RATIO TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Ayunin, Farida Noor (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO EQUITY RATIO, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN DIVIDEN PAYOUT RATIO TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (902kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (785kB)

Abstract

Metode dalam penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, diantaranya adalah variabel terikat dan variabel bebas. Variabel dependen adalah praktik perataan laba dan variabel independennya adalah ukuran perusahaan, debt to equity ratio, profitabilitas, kepemilikan institusional dan deviden payout ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia selama 2014-2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh melalui penelusuran dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), laporan tahunan perusahaan (annual report), dan website www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap Praktik Perataan Laba. 2) Debt to Equity ratio memiliki pengaruh positif terhadap praktik Perataan laba. 3) Profitabilitas mempunyai pengaruh positif terhadap Praktik Perataan laba. 4) Kepemilikan Institusional mempunyai pengaruh positif terhadap Praktik Perataan Laba. 5) Devident Payout ratio mempunyai pengaruh positif terhadap Praktik Paretaan Laba. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap praktik perataan laba, sehingga untuk mengungkapkan perataan labadi perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia perlu melihat dari ukuran perusahaan tersebut. 2) Debt to equity ratio digunakan oleh suatu perusahaan bukan hanya untuk membiayai aktiva, modal serta menanggung beban tetap melainkan juga untuk memperbesar penghasilan. 3) Ada hubungan profitabilitas terhadap praktik perataan laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan nilai p value 0,012 lebih kecil dari 0,05. 4) Ada hubungan institusional terhadap prkatik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terhdapat di bursa efek indonesia dengan nilai p value 0,016 angka lebih kecil dari 0,05. 5) Ada hubungan devident payout ratio terhadap praktik laba pada perusahaan manufkatur yang terdaftar di bursa efek. Kata Kunci : Debt to Equity Ratio, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Deviden Payout Ratio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:02
Last Modified: 13 Nov 2019 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item