MODEL KAPABILITAS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG

Buana, Cahya (2018) MODEL KAPABILITAS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi knowledge management terhadap kapabilitas Customer Relationship Management serta knowledge management terhadap kinerja pemasaran dengan kapabilitas CRM sebagai variabel intervening pada UKM makanan dan minuman di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM makanan dan minuman di Kota Semarang, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Alat analisisnya adalah path analisis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi knowledge management yang terdiri dari akuisisi pengetahuan, konversi pengetahuan, aplikasi pengetahuan dan perlindungan pengetahuan berpengaruh positif terhadap kapabilitas CRM. Knowledge management dan kapabilitas CRM mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas CRM mampu menjadi variabel intervening antara knowledge management terhadap kinerja pemasaran, artinya semakin tinggi knowledge management, maka pelaku usaha dapat memenangkan dan memanfaatkan pengetahuan sumber daya manusia dengan baik, sehingga strategi pemasaran yang diterapkan akan meningkatkan hubungan jangka panjang yang tentunya akan berdampak pada pencapaian kinerja pemasaran secara maksimal. Kata Kunci : Akuisisi pengetahuan, konversi pengetahuan, aplikasi pengetahuan, perlindungan pengetahuan, kapabilitas CRM dan kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:24
Last Modified: 12 Nov 2019 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item