Peran Kematangan Emosi dan Dukungan Sosial Orang tua terhadap Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang

nurnija, nurnija (2018) Peran Kematangan Emosi dan Dukungan Sosial Orang tua terhadap Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan populasi 2.264 mahasiswa dan sampel dalam penelitian adalah 234 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 skala. Skala penyesuaian akademik terdiri dari 36 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,944. Skala kematangan emosi terdiri dari 40 aitem dengan reliabilitas 0,943 dan Skala dukungan sosial orang tua terdiri dari 35 aitem dengan reliabilitas 0,945. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukan ada peran yang signifikan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua terhadap penyesuaian akademik dengan nilai R = 0,763 dan F hitung = 161,340 dengan signifikan 0,000 (p<0,01). Hasil uji korelasi parsial kematangan emosi terhadap penyesuaian akademik diperoleh nilai rx1y = 0,560 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukan adanya peran positif kematangan emosi terhadap penyesuaian akademik. Hasil uji korelasi parsial dukungan sosial orang tua terhadap penyesuaian akademik diperoleh nilai rx2y = 0,228 dengan taraf signifikan 0,000 (p<0,01). Hal tersebut menunjukan bahwa ada peran positif dukungan sosial orang tua terhadap penyesuaian akademik. Kata kunci : Penyesuaian Akademik, Kematangan Emosi, Dukungan Sosial Orang Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:31
Last Modified: 11 Nov 2019 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item