PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak)

Jauhari, Sibtil (2018) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak). Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dftar_pustaka.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Rohmaniyyah Menur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1). Bagaimana mutu pendidikan agama Islam yang mencakup input, proses dan out put di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak. 2). Bagaimana peran komite dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang mencakup input, proses dan out put di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak Penelitian ini dilaksanakan di MA Rohmaniyyah yang beralamatkan di Jl. KH. Abdurrahman No 01 Menur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Rohmaniyyah Menur adalah sekolah yang dikelola secara efektif. Prestasi akademik peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah ini cukup tinggi. Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, mutu pendidikan agama Islam di MA Rohmaniyyah Menur dikatakan cukup baik, itu dapat dilihat dari segi input, proses, dan out putnya. Kedua, peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MA Rohmaniyyah Menur, meliputi: 1) sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency). 2) sebagai pendukung (supporting agency). 3) sebagai pengotrol (controlling agency). 4) sebagai mediator (executive). Kata kunci: peran komite sekolah, mutu pendidikan agama Islam di MA Rohmaniyyah Menur

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:57
Last Modified: 30 Apr 2019 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12549

Actions (login required)

View Item View Item