EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta)

MALIKAH, MALIKAH (2018) EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta). Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di SD Islam Diponegoro Surakarta. Serta efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di sekolah tersebut. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Islam Diponegoro Surakarta dan menggambarkan efektivitas penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an siswa di SD Islam Diponegoro Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini peneliti diharuskan melakukan pengamatan langsung di lapangan. subjek pada penelitian ini adalah guru al-Qur’an. Metode wawancara digunakan untuk mencatat percakapan atau jawaban dari informan baik dari guru al-Qur’an, koordinator, siswa maupun kepala sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama guru, jumlah siswa, pembagian kelompok Ummi, nilai pembelajaran al-Qur’an (nilai harian, UTS dan UAS), dan sarana fisik serta situasi pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi guru dalam pembelajaran al-Qur’an dengan metode Ummi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan siswa dalam membaca al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi metode Ummi di SD Islam Diponegoro Surakarta dalam pembelajaran al-Qur’an meliputi 3 tahapan pembelajaran, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Sedangkan efektivitas metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an sangat baik/efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an. Siswa lebih terampil dalam membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makhorijul khuruf, serta dengan irama yang khas. Kata kunci: metode Ummi, implementasi, evektivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:57
Last Modified: 30 Apr 2019 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item