PERAN PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN (Studi Kasus di MTs se Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus)

RAHMAN, HABIB (2018) PERAN PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN (Studi Kasus di MTs se Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus). Masters thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah di MTs se kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, dalam hal ini peneliti mengambil objek penelitian tiga sekolah , yaitu MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda, dan bagaimana peran supervisi akademik oleh pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas sekolah di Madrasah Tsanawiyyah. Dan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif. Peneliti mengumpukan data dengan menggunakan deskriptif kualitiatif, adapun metode-metodenya yaitu: 1) observasi 2) dokumentasi (3) dan wawancara dengan melibatkan pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengawas sekolah telah melaksanakan pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di MTs N 1 kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda, serta melakukan tindak lanjut. Hasil supervisi akademik pengawas sekolah berperan positif, terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru MTs N 1 Kudus, MTs NU Nurul Huda, dan MTs NU Matoliul Huda. Pada indikator perencanan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Untuk indikator pengembangan potensi peserta didik, belum sepenuhnya maksimal dilakukan oleh pengawas sekolah. Kata Kunci : pengawas sekolah, supervisi akademik, kompetensi pedagogik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12539

Actions (login required)

View Item View Item