Khafidin, Khafidin (2018) EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH SEKECAMATAN WONOSALAM DEMAK. Masters thesis, Fakultas Agama Islam.
|
Text
Abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BabI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (364kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian adalah peniliti menemukan kesenjangan antara penerapan metode cooperative learning yang ideal dengan kondisi fakta di lapangan, karena pada saat pembelajaran cenderung ramai dan terdapat beberapa siswa yang belum memahami materi pelajaran, hal ini tentu mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Penerapan metode yang kurang maksimal dapat mengakibatkan pembelajaran berlangsung kurang kondusif, sehingga membuat pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa menjadi kurang maksimal. Dengan demikian peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data yang menggunakan tiga prosedur yaitu reduksi data, display data, dan konklusi yang kemudian ditarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak diantaranya yaitu; Madrasah Aliyah Negeri Wonosalam Demak, Madrasah Aliyah Miftahussalam Wonosalam Demak, dan Madrasah Aliyah Sholahuddin Woonosalam Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak yaitu (1) Implementasi terdiri dari; Pertama yaitu Perencanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Akidah Islamiyah yang disusun dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik dengan menentukan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi atau bahan ajar, alokasi waktu, metode-metode pembelajaran, media yang relevan dengan metode, dan instrument penilaian. Kedua yaitu Pelaksanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah efektif dilakasanakan sesuai pada tahapan perencanaan. Ketiga yaitu Evaluasi metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah yang menggunakan bentuk tes tertulis dengan menggunakan instrument soal yang diambilkan dari buku Guru dan dan lembar kerja siswa sudah efektif. (2) Efektivitas yang terdiri dari; Pertama yaitu Proses pembelajaran metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) telah efektif disampaikan secara keseluruhan. Kedua yaitu Hasil Pembelajaran dengan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah secara hampir keseluruhan telah berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Kata Kunci: Cooperative Learning, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:58 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12536 |
Actions (login required)
View Item |