EFEKTIVITAS PEMBIASAAN MEMBACA TASHRIF ISTILAHY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK MA MATHOLI’UL HUDA TROSO

NAFI’AH, SITI LIATUN (2018) EFEKTIVITAS PEMBIASAAN MEMBACA TASHRIF ISTILAHY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK MA MATHOLI’UL HUDA TROSO. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca tashrif isilahy di MA Matholi’ul Huda dan bagaimana kemampuan peserta didik dalam memahami teks berbahasa Arab, serta keefektivan pembiasaan membaca tashrif istilahy dalam meningkatkan kemampuan memahami teks berbahasa Arab peserta didik MA Matholi’ul Huda Troso. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MA Matholi’ul Huda Troso dari 16 Januari 2018 – 15 Februari 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes tertulis yang ditujukan kepada peserta didik. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah pelaksanaan pembiasaan membaca tashrif istilahy terlaksana secara efektif, kemampuan peserta didik dalam memahami teks berbahasa Arab menunjukkan hasil cukup baik/sedang, dibuktikan dengan hasil tes tertulis dari 32 peserta didik sebanyak 12 peserta didik memperoleh hasil sangat baik, 12 peserta didik memperolah hasil baik dan sebanyak 8 peserta didik memperoleh hasil cukup. Serta berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru bahasa Arab dan beberapa peserta didik serta hasil observasi pada mata pelajaran bahasa Arab menunjukkan bahwa pembiasaan membaca tashrif istilahy cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami teks berbahasa Arab peserta didik MA Matholi’ul Huda Troso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:58
Last Modified: 30 Apr 2019 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item