PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PRINGSURAT TEMANGGUNG JAWA TENGAH

FALLAH, MUHAMAD RIZAL (2018) PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PRINGSURAT TEMANGGUNG JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BabI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini mencoba menjawab rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana perencanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pringsurat, 2). Bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pringsurat, 3). Bagaimana evaluasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pringsurat. Tujuan penelitian ini adalah : pertama, mengetahui perencanaan penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu PAI di SMP Negeri 1 Pringsurat. Kedua, mengetahui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu PAI di SMP Negeri 1 Pringsurat. Ketiga, mengetahu evaluasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu PAI di SMP Negeri 1 Pringsurat Penulis melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa pertama, perencanaan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam mengingkatkan mutu Pendidikan Agama Islam sudah baik karena sudah mencakup input, proses, output dalam mutu pendidikan. Kedua, Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pringsurat sudah efektif degan taraf 95% karena mampu meningkatkan mutu pendidikan pada aspek input dan output. Ketiga, Evaluasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pringsurat dalam mengatasi kendala yang ada, sekolah dan guru PAI memilki solusi tersendiri untuk mengatasi permasalahan ini yakni dengan cara monitoring, controling, dan supervisi dari kepala sekolah dan guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi serta memaksimalkan sarana prasarana seperti LCD proyektor dan masjid sebagai tempat pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Mutu Pendidikan, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:59
Last Modified: 30 Apr 2019 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item View Item