Anjarsani, Zulfika Aulia (2018) STRATEGI KREATIF PRODUKSI PROGRAM MUSIK “GAMAFANS" DI RADIO GAJAH MADA 102.4 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi.
|
Text
Abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BabI.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BabII.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text
BabIII.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text
BabIV.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
Text
BabV.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text
Cover.pdf Download (991kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar_pustaka.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftarisi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan_publikasi.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Gamafans adalah program acara hiburan dan informasi yang telah siaran di Radio Gajahmada sejak 1991. Gamafans menyajikan sebuah hiburan yang didalamnya membahas seputar informasi terkini serta memutarkan musik-musik yang up to date di kalangan anak muda seperti perbincangan santai penyiarnya dengan menggunakan bahasa anak muda sekarang. Bertahan selama lebih dari dua puluh lima tahun di stasiun penyiaran radio, tentu Gamafans melewati berbagai macam tantangan dari semakin ketatnya persaingan industri media penyiaran dan mengharuskan mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan berbagai strategi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif dalam memproduksi program Gamafans dalam mempertahankan eksistensinya di radio Gajahmada. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme.mMengaitkan penelitian ini dengan strategi produksi program radio dan teorim ekologi media untuk mempertahankan kelangsungan hidup di dalam sebuah industri media massa. Dengan analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan strategi kreatif menggunakan Pringle star jangka pendek, menengah dan panjang yang mencangkup pemilihan format dan isi program, menarik pendengar, mencari penyiar sesuai format siaran. Selanjutnya Pemasaran Program menggunakan model marketing mix Peter & Olson: produk program, harga program, distribusi program dan promosi program. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di dalam produksi program musik. Strategi kreatif tertuju pada konten siaran yang memuat seputar informasi dengan segmentasi pendengar anak muda, dengan produksi program melalui pendekatan dari penyiar teknik adlibs menggunakan media interaksi whatsapp dan dalam mempertahankan eksistensinya yakni memutarkan lagu-lagu 10tahun terakhir top fourty serta bekerjasama dengan pihak label dan menggunakan media sosial instagram, twitter, facebook sebagai media promosi. Keterbatasan penelitian ini sumber informasi hanya dari tim produksi sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggali informasi yang lebih banyak lagi. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Produksi Program, Eksistensi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 01:52 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 01:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/12447 |
Actions (login required)
View Item |