RIZALDI, AGAM SURYA (2018) REDESIGN KEMASAN PRODUK EGG ROLL DIVA COOKIES BOJONEGORO MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN VALUE ENGINEERING. Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
Abstract
Diva Cookies yang berada di kota Bojonegoro merupakan home industry yang memproduksi jenis – jenis makanan ringan, berupa kue kering mini dan beberapa kripik berbahan dasar waluh serta egg roll dengan aneka rasa. Produk ini di pasarkan terutama di kawasan Bojonegoro dan sekitarnya. Kemasan yang digunakan untuk mengemas produk khususnya produk egg roll masih berupa kemasan kotak snack seperti pada umumnya. Dengan kemasan yang ada saat ini, belum bisa menjamin produk utuh sampai ditangan konsumen dan bentuk kemasan yang kurang menarik hanya berupa kotak biasa. Sehingga selain bentuk kemasan, dan belum adanya beberapa atribut produk seperti logo halal, informasi produk dalam kemasan menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk makanan ringan egg roll. Kemasan egg roll yang ada saat ini berbahan karton ringan yang tipis serta dengan desain yang kurang menarik. Pada penelitian ini akan dilakukan desain kemasan ulang atau redesign dengan menggunakan metode kansei engineering dan value engineering. Metode Kansei Engineering merupakan metode untuk menganalisa atribut produk melalui analisa hasil kuesioner yang nantinya memiliki output berupa kansei word. Kansei word didapatkan melalui analisa kuesioner, kemudian dikelompokkan menjadi satu bahasan mengenai atribut yang akan diolah lagi menggunakan analisa faktor untuk mengetahui atribut produk mana saja yang mempengaruhi citra produk. Sedangkan metode value engineering digunakan untuk menganalisa atribut produk yang telah terpilih, kemudian diterapkan menjadi beberapa pilihan alternatif desain kemasan dan dari beberapa desain akan dipilih mana desain yang memiliki biaya rendah dalam pembuatannya serta efisien dalam penerapannya. Kata Kunci : Kansei Engineering, Desain Kemasan, Value Engineering
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:34 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 02:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11644 |
Actions (login required)
View Item |