PRATIWI, ANIK NURUL and FRENTIANA, TRIAN (2018) OPTIMASI SITE LAYOUT FASILITAS PENDUKUNG DENGAN MULTI OBJECTIVE FUNCTION (MOF) PADA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PROYEK (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Hotel Tentrem Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (712kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Proyek konstruksi terutama proyek gedung mempunyai permasalahan yang berbeda dengan proyek lainnya seperti jembatan, jalan dan sebagainya. Salah satu masalah teknis adalah lahan yang sempit. Penataan site layout yang optimum sangat diperlukan dengan cara mengatur letak fasilitas pendukung sementara, agar nantinya dapat berpengaruh pada produktivitas dan keselamatan kerja para pekerja. Pada penelitian ini site layout dioptimasi menggunakan multi-objective function dengan fungsi objektif yang ingin dicapai adalah Travelling Distance (TD) dan Safety Index (SI) yang minimal kemudian diplotkan ke dalam diagram pareto. Perhitungan optimasi pada penelitian ini akan dilakukan dengan membuat beberapa alternatif perpindahan fasilitas dengan cara memindahkan fasilitas satu ke fasilitas lainnya dengan tetap memperhatikan luasan masing- masing fasilitas. Proyek yang digunakan sebagai objek penelitian adalah Proyek Pembangunan Hotel Tentrem Semarang. Berdasarkan 10 alternatif perpindahan, alternatif dengan nilai Travelling Distance minimal adalah alternatif 7 yaitu 57.166,5 meter atau mengalami penurunan nilai TD sebesar 12,78% bila dibandingkan dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil perhitungan Safety Index, alternatif dengan nilai SI minimal adalah alternatif 3 yaitu 1.195,3 atau mengalami penurunan nilai SI sebesar 5,35% bila dibandingkan dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil plot pada diagram pareto, nilai TD yang paling minimal adalah alternatif 7 dan nilai SI yang paling minimal adalah alternatif 3, sehingga tidak didapatkan satu skenario yang memenuhi kriteria dimana nilai TD dan SI paling minimal. Maka dari itu, untuk menentukan Alternatif yang paling optimum digunakan perbandingan, dengan nilai 40% Travelling Distance dan 60% Safety Index. Berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai perbandingan yang paling minimal adalah alternatif 7 sebesar 1,03, sehingga alternatif 7 merupakan alternatif yang paling optimum. Kata kunci : Optimasi, Site Layout, Multi-Objective Function, Travelling Distance, Safety Index
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:57 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 04:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11596 |
Actions (login required)
View Item |