EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG PASCA BERLAKUNYA SISTEM SATU ARAH (SSA) (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sampai SMAN 5 Semarang)

ROSYID, AZIZ FAUZAN NUR and PRATAMA, IVAN MAULIDIN (2018) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG PASCA BERLAKUNYA SISTEM SATU ARAH (SSA) (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sampai SMAN 5 Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jalan Pemuda merupakan salah satu ruas jalan yang menjadi letak dari pusat kantor pemerintahan kota maupun provinsi, perekonomian, serta pendidikan di Kota Semarang, juga termasuk sebagai jalan dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Tingginya intensitas arus lalu lintas yang melewati ruas jalan tersebut, dan juga kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyebrang menggunakan fasilitas jembatan penyebrangan orang (JPO) merupakan masalah yang membuat kepadatan pada ruas jalan tersebut. Untuk itu, pada bulan Februari 2017 pemerintah Kota Semarang menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Analisis kinerja pada ruas jalan Pemuda dilakukan dengan menggunakan berbagai macam indikator kinerja seperti arus lalu lintas (Q) puncak harian, hambatan samping (Side Friction/SF), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata-rata (Traveling Time/TT), dan juga menganalisis suatu tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan Pemuda. Berdasarkan dari hasil analisis pada segmen jalan Pemuda yang dilakukan pada bulan Oktober tahun 2017 didapatkan nilai arus lalu lintas (Q) puncak harian = 3829,2 smp/jam, hambatan samping (SF) = 458, kapasitas (C) = 5222 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,73 yang sudah memenuhi nilai derajat kejenuhan yang telah disyaratkan MKJI yakni 0,75 untuk suatu jalan perkotaan, kecepatan arus bebas (FV) = 49,59 km/jam, kecepatan tempuh (V) = 41 km/jam, waktu tempuh rata-rata (TT) = 8,78 detik dan tingkat pelayanan (LOS) dikategorikan dalam tingkat pelayanan C. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ruas jalan Pemuda Kota Semarang pada segmen jalan depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah sampai depan SMAN 5 Semarang sudah mengalami peningkatan kinerja dan mencerminkan bahwa Sistem Satu Arah (SSA) yang diberlakukan sejak 17 Februari 2017 berhasil diterapkan. Kata kunci : Jalan Pemuda, Kinerja Ruas Jalan, Sistem Satu Arah, Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:54
Last Modified: 29 Oct 2018 04:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item