THE EFFECTIVENESS OF TPS (THINK-PAIR-SHARE) TECHNIQUE TO TEACH WRITING DESCRIPTION ( An Experimental Research on the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2014/2015)

Sari, Yunda Puspa (2014) THE EFFECTIVENESS OF TPS (THINK-PAIR-SHARE) TECHNIQUE TO TEACH WRITING DESCRIPTION ( An Experimental Research on the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DaftarPustaka.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah tentang mengajar menulis sebuah teks deskriptif menggunakan tehnik Think-Pair-Share (TPS untuk kelas sepuluh siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Think-Pair-Share (TPS) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode quantitative dengan tehnik quasi-eksperimental. Populasi untuk penelitian ini di kelas sepuluh siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah total siswa 314 siswa.Penulis menggunakan tehnik sampel purposive dan 2 kelas diambil sebagai sampel, yaitu X IIS 2 sebagai kelas perlakuan dan X IIS 4 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan tes tertulis. Penulis menggunakan dua macam tes: pre test dan post test. Sebelum sebuah perlakuan dilakukan, pre-test terlebih dahulu diberikan pada kedua kelas. Post test diberikan setelah perlakuan dilaksanakan. Kemudian data dari kedua tes di beri nilai dan penulis menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk menganalisa hasil dari pre-test dan post-test. Hasil dari T-test menunjukkan bahwa rata-rata dari kelas perlakuan dalam pre test adalah 68.14 dan rata-rata kelas control adalah 68.64. Setelah melakukan perlakuan, penulis memberikan post-test. Hasil dari post test untuk kelas control adalah68.64 dan kelas perlakuanadalah76. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Di dukung oleh hasil analisis t-test antara pre-test dan postest dikelas percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.000 < 0.05. dapat disimpulkan bahwa H_1dapat diterima. Sehingga, penggunaan tehnik Think-Pair-Share (TPS) dalam mengajar menulis teks deskriptiflebih baik dibanding dengan menggunakan tehnik tradisional. Mengajar menulis sebuah teks deskriptif menggunakan tehnik Think-Pair-Share (TPS) adalah sebuah cara yang baik untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif dan guru bahasa inggris seharusnya lebih kreatif dalam menciptakan ide-ide baru untuk mengajar menulis bahasa inggris. Kata Kunci: Think-Pair-Share, menulis, dan deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Sep 2015 02:08
Last Modified: 08 Sep 2015 02:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item