HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Hikmah, Fitria Nurul (2018) HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

Pemahaman siswa pada materi limit masih rendah, materi limit masih dianggap sulit dan membingungkan siswa. Dalam memahami materi limit, siswa mengalami hambatan yang berbeda-beda. Guru jarang mengetahui penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis hambatan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa pada pemahaman matematis materi limit fungsi aljabar. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA 5 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan adalah purposive sampling, memilih 3 siswa dari kelompok tinggi, sedang dan rendah dengan masing-masing yang mempunyai nilai paling bawah. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian, hambatan belajar yang ditemukan adalah hambatan ontogenik, hambatan epistemologis, hambatan didaktis. Siswa yang mewakili kelompok rendah mengalami semua hambatan belajar yaitu hambatan ontogenik, hambatan epistemologis, hambatan didaktis. Siswa yang mewakili kelompok sedang mengalami hambatan ontogenik dan hambatan epistemologis. Sedangkan siswa yang mewakili kelompok tinggi mengalami hambatan ontogenik dan hambatan didaktis. Kata Kunci : Hambatan Belajar, Materi Limit, Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:09
Last Modified: 05 Oct 2018 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item