SANTOSO, TRI BAGUS (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTUAN KOCOK SUMPIT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATI SISWA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Kata Kunci: Everyone is a Teacher Here, kocok sumpit, komunikasi matematika, perbandingan Pada pembelajaran matematika di SMP IT PAPB Semarang informasi pada pokok bahasan perbandingan diperoleh bahwa siswa malu bertanya, kurangnya berinteraksi atau kurangnya komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika, malu mengajukan pendapat serta penggunaan media jarang digunakan. Selain itu, guru belum menerapkan strategi pembelajaran aktif sehingga tidak ada interaksi antar siswa. Terdapat 14 dari 32 siswa memiliki nilai dibawah KKM pada ulangan harian materi perbandingan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan kocok sumpit terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain penelitian yang mengunakan analisis kuantitatif. penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan posttest only control design Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran everone is a teacher here berbantuan kocok sumpit terdiri dari enam fase yaitu fase pertama menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa, fase kedua menyajikan informasi, fase ketiga Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, fase keempat Membimbing kelompok belajar dan bekerja, fase kelima evaluasi dan fase keenam pemberian penghargaan. Penerapan pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan kocok sumpit efektif didapatkan bahwa nilai signifikasi tes kemampuan komunikasi matematika sebesar 0,027 < 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:09 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11477 |
Actions (login required)
View Item |