ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI FUNGSI EKSPONEN DENGAN PANDUAN KRITERIA WATSON

Isran, Isran (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI FUNGSI EKSPONEN DENGAN PANDUAN KRITERIA WATSON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Kata kunci : Analisis kesalahan, kemampuan berpikir kritis, kriteria Watson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis materi fungsi eksponen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA islam sultan agung 3 semarang sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Tes tertulis yang di gunakan berbentuk uraian, kemudian di analisis jawabannya berdasarkan jenis-jenis kesalahan Watson. Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis matematika adalah kesalahan mengunakan sifat dan kesalahan tidak menulis kesimpulan akhir. Banyaknya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dapat digunakan sebagai petunjuk evaluasi penguasaan siswa terhadap materi eksponen. Sumber kesalahan yang dilakukan siswa harus segera mendapatkan solusi yang tepat. Guru mempunyai peranan yang sangat penting mengenai masalah tersebut. Guru bertanggung jawab untuk menyesuaikan situasi belajar dengan minat, latar belakang dan kematangan siswa. Oleh karena itu, pembelajaran yang dilakukan guru harus disesuaikan dengan tahap berpikir siswa. Data tes soal kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan kriteria Watson, dan dilakukan dengan cara triangulasi data yaitu dokumentasi, analisis jawaban, dan analisis wawancara. Persentase kesalahan yang paling besar terjadi pada kategori prosedur tidak tepat, yaitu sebanyak 75% dan diikuti kesalahan dalam kategori kesimpulan hilang sebanyak 36,54%, pada kategori masalah hirarki keterampilan sebanyak 7,70% dan pada kategori manipulasi tidak langsung dan kategori selain tujuh kategori diatas banyak presentasenya sama yaitu 5,77%, pada kategori data hilang sebanyak 3,85%, sedangkan pada kategori data tidak tepat dan konflik level respon tidak terdapat kesalahan yakni persentasenya adalah 0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:09
Last Modified: 05 Oct 2018 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11472

Actions (login required)

View Item View Item