Yulianaristin, Eryna (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. COVER.pdf Download (993kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
Abstract
Metode pembelajaran dari guru sebagian besar hanya memberi rangsangan pada keaktifan siswa, sehingga penanaman sikap ilmiah siswa dikelas masih rendah, hal ini dibuktikan dengan siswa yang tidak bertanya mengenai materi pembelajaran yang belum dipahaminya, siswa yang banyak membuang sampah dilaci meja sehingga tidak mempedulikan lingkungan sekitarnya. Memanfaatkan lingkungan di luar kelas adalah metode sederhana yang tidak susah untuk dilakukan hal ini dinamakan metode pembelajaran outing class. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SDN Bangetayu Wetan 02. Kelas eksperimen diberikan pretest dan posttest angket sikap ilmiah dan respon siswa, untuk kelas kontrol diberikan pretest posttest angket respon siswa. Data yang dihasilkan dalam uji hipotesis atau uji t dan uji regresi linier sederhana dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) metode outing class dapat mempengaruhi sikap ilmiah siswa kelas V sebesar 18,7%. (2) terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran yang menggunakan metode outing class dengan pembelajaran di dalam kelas pada siswa kelas V dengan kriteria uji - ttabel < thitung < ttabel maka Ho diterima, dalam penelitian ini mendapatkan hasil uji hipotesis berupa -2,056 < 2,374 > 2,056 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pengaruh, Metode pembelajaran outing class, sikap ilmiah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:15 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11405 |
Actions (login required)
View Item |