PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGREJO

Muzayyanah, Alfiyatum (2018) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGREJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Nilai belajar siswa secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai belajar siswa sesuai dengan KKM yang sudah ada yaitu 65. Pembelajaran Discovery Learning digunakan sebagai model pembelajaran berbasis penemuan dengan bimbingan guru sehingga siswa dapat menyelesaikan suatu permasaahan dengan mandiri dan mengacu pada keingintahuan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan rasa ingin tahu dan nilai belajar IPA melalui pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kartu domino yang menarik pada siswa kelas V. Peningkatan rasa ingi tahu siswa dalam pembelajaran Discovery Learning dibuktikan menggunakan observasi dan nilai evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 2 Karangrejo TA 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian, meliputi observasi, dan tes. Adannya peningkatan rasa ingin tahu yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 63% dengan kriteria baik dalam sikap rasa ingin tahu pada siswa sedangkan pada siklus II diperoleh presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Adannya peningkatan nilai belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar pada setiap siklusnnya. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 67,31%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klaksikal sebesar 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimplkan bahwa pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatan rasa ingin tahu dan nilai belajar di kelas V SD Negeri 2 Karangrejo. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Nilai Belajar, Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:14
Last Modified: 05 Oct 2018 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item