PENGARUH SIKAP TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL COLLABORATIVE LEARNING TIPE SEND-A-PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 3 KEDUNGSUREN

Islamiati, Dian (2018) PENGARUH SIKAP TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL COLLABORATIVE LEARNING TIPE SEND-A-PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 3 KEDUNGSUREN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Sikap tanggug jawab siswa dalam pembelajaran kelompok masih rendah, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga rendah. Untuk itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat menuntut siswa agarbertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya sehingga dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Model Collaborative Learning atau pembelajaran kolaboratif merupakan model pembelajaran yang sengaja dirancang dan dilaksanakan secara berpasangan atau dalam kelompok kecil. Semua anggota kelompok tanpa terkecuali dituntut untuk aktif dalam kelompok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap tanggung jawab melalui model Collaborative Learning Tipe Send-A-Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan siswa kelas V SDN 3 Kedungsuren. Data yang diperoleh dari uji hipotesis I yaitu dengan uji regresi linier sederhana yaitu dengan persamaan regresi y =1,6294 + 0,593 x. Yang artinya setiap penambahan satu satuan variabel bebas maka akan mengakibatkan naiknya variabel terikat sebesar 0,593. Artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga sudah memenuhi KKM hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai matematika siswa menggunakan model Collaborative Learning Tipe Send-A-Problem yaitu 73,7. Uji hipotesis II yaitu juga dengan menggunakan uji t. .Hasil perhitungan uji t diperoleh ttabel dengan ttabel = t_α (dk=n-1) dengan taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh hasil ttabel= 1,7171 dengan t hitung = 2,681. Sehingga dapat disimpulkan Ho dapat diterima, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Collaborative Learning Tipe Send-A-Problem minimal 60 (µo ≥60) atau dapat memenuhi KKM. Kata Kunci : pengaruh, sikap tanggung jawab, model collaborative learning tipe send-a-problem, kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:19
Last Modified: 05 Oct 2018 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11352

Actions (login required)

View Item View Item