PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DIKELAS IV SDI SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

Putri, Devi Yunita (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DIKELAS IV SDI SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran reciprocal teaching dikelas IV SDI Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Sultan Agung 4 Semrang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkakan adanya peningkatan motivasi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan indikator motivasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik 10 siswa dan yang mendapat kriterian baik 22 siswa, sebagai pencapaian presentase pada siklus I sejumlah 84,1%. Pada siklus II siswa yang mendapat kriteria sangat baik 20 siswa dan yang mendapat kriteria baik 18 siswa, sebagai pencapaian presentase pada siklus II sejumlah 100%. Adanya peningkatan prestasi belajar pada setiap siklus. Pada siklus I siswa yang tuntas 24 siswa dengan ketuntasan 63,16%. Pada siklus II siswa yang tuntas 33 siswa dengan ketuntasan 86,84%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model reciprocal teaching dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn dikelas IV SDI Sultan Agung 4 Semarang. Kata kunci: motivasi siswa, prestasi belajar, reciprocal teaching

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:19
Last Modified: 05 Oct 2018 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11346

Actions (login required)

View Item View Item