STUDI PERAN ORIENTASI PELANGGAN DAN KEINOVASIAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN PRODUK DAN KINERJA UKM (Studi Empirik pada UKM Konveksi di Kabupaten Kudus)

Akmal, Zida (2018) STUDI PERAN ORIENTASI PELANGGAN DAN KEINOVASIAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN PRODUK DAN KINERJA UKM (Studi Empirik pada UKM Konveksi di Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pelanggan dan keinovasian produk dalam meningkatkan kinerja UKM dengan keungggulan produk sebagai variabel intervening pada UKM Konveksi di Kabupaten Kudus. Populasinya adalah seluruh pemilik/pengusaha UKM Konveksi di Kabupaten Kudus yang selalu berinteraksi dengan pelanggan terkait produk dan pemasaran sebesar 85 pengusaha UKM. Berdsarkan penyebaran kuesioner diperoleh jumlah sampel sebesar 67 orang.. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan dan keinovasian produk terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk. Orientasi pelanggan, keinovasian produk dan keunggulan produk terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM. Keunggulan produk mampu menjadi variabel intervening antara orientasi pelanggan terhadap kinerja UKM, dapat diartikan bahwa semakin tinggi UKM berorientasi pada pelanggan, maka akan mendorong para UKM dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan karena mampu memiliki keunggulan, sehingga sehingga hal itu akan berdampak pada kinerja UKM. Keunggulan produk mampu menjadi variabel intervening antara keinovasian produk dengan kinerja UKM, dapat diartikan bahwa semakin tinggi keinovasian produk, maka akan membuat perusahaan mampu beradaptasi dengan menciptakan pemikiran/gagasan baru terhadap produk yang ditawarkan dalam upaya meningkatkan keunggulan produk, sehingga hal itu akan berdampak pada pencapaian kinerja UKM. Kata Kunci : Orientasi pelangan, keinovasian produk, keunggulan produk dan kinerja UKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:51
Last Modified: 05 Oct 2018 04:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

View Item View Item