ANALISIS PENGARUH FAKTOR FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2014-2016)

Riskiyawati, Isni (2018) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2014-2016). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
File 1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pernyataan Publikasi.jpg

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4. BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
File 5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
File 6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
File 7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text
File 8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
File 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang bagaimana perusahaan-perusahaan yang terdaftar di JII mampu mengungkapkan tanggung jawab sosialnya dalam perspektif Islam. Judul penelitian ini adalah Analisis Pengaruh Faktor Finansial dan Non-Finansial terhadap pengungkapan Islamic Sosial Reporting Disclosure dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Data berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan, laporan keuangan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang dipublikasikan oleh BEI serta masing-masing publikasi perusahaan.menggunakan 17 sampel perusahaan yang terdaftar di JII (Jakarta Islamic Index) tahun 2014-2016. Populasi penelitian adalah 30 perusahaan yang terdaftar di JII. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu pengambilan sampling berdasarkan kriteria penelitian. Dari 40 perusahaan amatan terdapat 17 perusahaan sampel perusahaan yang memenuhi kriteria. Data di analisa menggunakan SPSS 16.0 dengan alat uji analisis regresi berganda. Pengujian data penelitian dengan uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi serta pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis), koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menghasilkan ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan dan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR secara langsung. Sedangkan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap ISR secara langsung. Variabel manajemen laba merupakan variabel penghubung yang menghubungkan antara masing-masing variabel independen yaitu ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap ISR terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan. Sehingga manajemen laba bukan merupakan variabel intervening antara variabel independen dan dependen. Kata Kunci : Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba, ISR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:57
Last Modified: 05 Oct 2018 03:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item