ANALISIS NARATIF STRUKTUR DAN KARAKTER DALAM NARASI TEKS BERITA (Kajian Hegemoni dalam Pemberitaan Tempo pada Kasus e-KTP Setya Novanto)

Zahra, Fasminar Annisa A (2018) ANALISIS NARATIF STRUKTUR DAN KARAKTER DALAM NARASI TEKS BERITA (Kajian Hegemoni dalam Pemberitaan Tempo pada Kasus e-KTP Setya Novanto). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 1. COVER.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2. ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3. DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4. BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
FILE 5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
FILE 6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
FILE 7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
FILE 8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
FILE 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan Tempo yang selalu mengaitkan Presiden Joko Widodo dalam berbagai pemberitannya. Salah satu Pemberitaan tersebut ada pada wacana pemberitaan Setya Novanto sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi Kartu Tanda Penduduk elektronik edisi 4430, 24-30 Juli 2017.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana media massa mengkontruksi pemberitaan dari sebuah peristiwa menjadi teks berita, dipandangdari hegemoni media. Proses Hegemoni di media masa melibatkan pekerja media yang berjalan secara terstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah analisis naratif Tzvetan Todorov yang mengatakan bahwa sebuah narasi memiliki struktur yaitu ekuilibrum, gangguan, dan ekuilibrum serta karakter dalam narasi Algirdas Greimas. Adapun paradigma yang digunakan adalah kritis karena lebih menekankan pada konteks makro, seperti realitas sosial yang mempengaruhi teks berita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hegemoni dari Antonio Gramsci yang mengatakan bahwa hegemonisasi sebagai kepemimpinan moral atau budaya tanpa danya tindakan represif sehingga masyarakat tidak menyadari sesungguhnya ia telah terhegemoni. Hasil penelitian, Tempo dalam berbagai pemberitannya melakukan hegemoni kekuasaan penguasa, seperti dikaitkannya Presiden Jokowi dalam banyak wacananya. Melalui pemberitaan, penanaman ideologi dominan di kembangkan atas berbagai konstruksi wacana. Media massa tidak bisa lepas dari lingkungan dimana media itu berasal berasal. Terdapat struktur Todorov dan karakter dalam narasi Greimas melalui peristiwa yang dinarasikan oleh Tempo dalam serangkaian pemberitaan Setya Novanto sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi e-KTP. Penelitian ini akan dipublikasikan di perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tempo melakukan hegemoni media berdasarkan struktur dan karakter dalam narasi teks berita. Keterbatasan peneliti ialah kurangnya referensi bacaan mengenai media massa atas berbagai narasi pemberitaan di Indonesia sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menggali berbagai kajian dari sumber lainnya. Kata kunci: Hegemoni, Analisis Naratif, Media Massa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 07:56
Last Modified: 07 May 2018 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item