Inayati, Imaniya (2018) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Image
PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIYAH.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dan usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam usaha peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs di kecamatan Kayen. sedangkan tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab, supaya guru bahasa Arab di MTs di kecamatan Kayen lebih memperhatikan lagi aspek-aspek yang ada pada kompetensi pedagogik dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat usaha peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab agar lebih ditingkatkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlokasi di tiga MTs sebagai sampel dari beberapa MTs di kecamatan Kayen yaitu MTs Walisongo Kayen, MTs Miftahul Ulum, dan MTs Sirojul Huda Pasuruhan yang semuanya berada di kecamatan Kayen. Subyek penelitian ini adalah semua guru bahasa Arab. sedangkan obyek dari penelitian ini adalah 1) Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab terkait substansi aspek menguasai karakteristik peserta didik , Pengembangan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu; Pelaksanaan pembelajaran; aspek penilaian dan evaluasi, dan Pengembangan peserta didik; 2) usaha-usaha apa yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Bahasa Arab di MTs di kecamatan Kayen, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam usaha peningkatan kompetensi pedagogik guru Bahasa Arab di MTs. kecamatan Kayen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data dan analisis data. Hasil analisis data menyebutkan bahwa kompetensi pedagogik guru BA di MTs Kecamatan Kayen memiliki kompetensi yang cukup baik. Guru dan kepala sekolah selalu berupaya dengan mengikuti In House Training, penataran guru, menambah pengetahuan melalui media elektronik, pendidikan lanjut, mengadakan supervisi, dan rapat sekolah. Faktor pendukung yang paling signifikan adalah melalui pengawasan kepala sekolah. dan faktor penghambatnya rata-rata terletak pada banyaknya kegiatan diluar sekolah. Kata Kunci : Peningkatan, Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 May 2018 01:44 |
Last Modified: | 07 May 2018 01:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10704 |
Actions (login required)
View Item |