IMPLEMENTASI TANDA KECAKAPAN KHUSUS AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH (Studi Kasus Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal)

Munajad, Munajad (2018) IMPLEMENTASI TANDA KECAKAPAN KHUSUS AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH (Studi Kasus Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Amanah yang beralamat di desa Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Propinsi Jawa Tengah, adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Ketua Majlis Pembimbing Gugus Depan Pramuka, Ketua Gugus Depan Pramuka, Pembina PramukaPutera Pembina Pramuka Putri, Perangkat Pembelajaran Kepramukaan Pondok Pesantren Darul Amanah, Orang tua santri, dan santri.Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kendal, serta pendidik lainnya. Untuk memperoleh data penelitian, digunakan tiga teknik pengumpulan data : (1) Observasi, untuk mengamati kegiatan pembelajaran Ekstra Pramuka ; (2) Wawancara untuk mengatahui peran ketua Majlis Gugus Depan dan Pembina Pramuka dalam merumuskan dan mengimplementasikan Tanda Kecakapan Khusus Agama Islam di Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kendal; (3) Dokumentasi, untuk menegtahui informasi tertulis yang menggambarkan implementasi Tanda Kecakapan Khusus Agama Islam di Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kendal. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa implementasi Tanda Kecakapan Khusus Agama Islam melalui kegiatan ekstra Pramuka di Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kendal dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator perencanaan, pelaksaan, serta evaluasi yang telah disusun oleh Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kendal sesuai dengan langkah-langkah dalam perumusan/penyusunan kulrikulum. Implementasi Tanda Kecakapan Khusus Agama Islam Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo Kendal dapat dikategorikan dalam kualifikasi baik, hal ini dapat dilihat dalam prilaku dan kegiatan sehari hari santri di Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Sukorejo Kendal, Peserta didik yang dinyatakan lulus Tanda Kecakapan Khusus (TKK) bidang agama Islam Menjadi contoh atau tauladan dalam kegiatan Ibadah di lingkungan Pondok Pesantren Darul Amanah Kabunan Ngadiwarno Sukorejo Kendal, disamping itu santri yang lulus Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Agama Islam, lebih cakap, mahir dan pintar dalam menjalankan ibadah, baik Sholat,Adzah, Menjadi Khotib, dan Tadarus Al Qur’an. Kata Kunci : Implementasi, Kecakapan Khusus, Keterampilan Ibadah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2018 01:44
Last Modified: 07 May 2018 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item