Abdullah, Rosyada (2018) IMPLEMENTASI METODE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI PLUS MUHAJIRIN GENUK INDAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi Metode Make A Match Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini di latar belakangi oleh Pendidikan Agama Islam yang memerlukan pembelajaran yang menarik agar peserta didik mudah memahami isi materi pelajaran karena pembelajaran yang monoton akan membuat peserta didik menjadi jenuh dan bosan sehingga pelajaran yang didapat kurang maksimal. Penerapan metode make a match dalam Pendidikan Agama Islam, merupakan cara yang efektif digunakan karena memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Mereka bekerja secara berkelompok untuk memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru mengenai materi Pendidikan Agama Islam. Dalam proses pembelajaran tersebut terjadi interaksi antar peserta didik dengan peserta didik lainnya dan peserta didik dengan guru sehingga terjalin hubungan sosial yang baik. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Proses pembelajaran menggunakan metode make a match ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang. 2) Bagaimana pelaksanaan metode make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan metode make a match di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perencanaan metode make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang. 2) Mengetahui pelaksanaan metode make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang. 3) Mengetahui evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan metode make a match di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi metode make a match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang, diperoleh hasil bahwa guru PAI di SDI Plus Muhajirin Genuk Indah Semarang telah menggunakan metode pembelajaran make a match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:45 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10681 |
Actions (login required)
View Item |