Conisa, Nurul (2018) KORELASI ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK KY AGENG GIRI MRANGGEN. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang Korelasi Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Di SMK Ky Ageng Giri Mranggen. Kemandirian Belajar yang dimaksud disini adalah kegiatan belajar yang dilakukan secara berlangsung dengan terdorongnya oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri dari pembelajaran. Kemandirian belajar peserta didik diperlukan dalam pembelajaran agar mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya dengan teratur dan disiplin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini perlu adanya diuji kebenarannya secara empiris dalam hipotesis penelitian yaitu masalah ini apakah H0 (ditolak) atau Ha (diterima). Jenis sumber data dalam penelitian ini terdapat data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation (PPMC) atau “r” (rhitung). Hasil dari analisis data yang menggunakan rumus PPMC atau disebut rhitung akan dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat korelasi antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Ky Ageng Giri Mranggen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dalam rumus PPMC dan diujikan kebenaran yaitu dari rhitung 0,467 dan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,297 dan 1% = 0,384, artinya rhitung > rtabel (0,467 > 0,384) pada taraf 5% maupun 1%. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Kata kunci : Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:46 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10664 |
Actions (login required)
View Item |