STUDI KOMPARATIF: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI DESA GONDORIYO

Ekapuspita, Shintya (2018) STUDI KOMPARATIF: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI DESA GONDORIYO. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: perkembangan anak usia dini (3-6 tahun) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih komplek dalam pola yang teratur sebagai hasil dari suatu proses pematangan. Secara umum ada 2 faktor yang mempengaruhi perkembangan, diantaranya adalah hereditas dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan sangat mendukung akan perkembangan anak, salah satunya yaitu lingkungan sekolah PAUD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak yang mengikuti dan tidak mengikuti PAUD. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Study cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar DDST II. Jumlah responden sebanyak 92 anak yang terdiri dari 40 anak mengikuti PAUD dan 52 anak tidak mengikuti PAUD dengan teknik total sampling. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 92 responden penelitian, anak yang mengikuti PAUD memiliki perkembangan normal 82,5%, dan anak yang tidak mengikuti PAUD memiliki perkembangan normal 51,9%. Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai p-value = 0,004 atau p-value <0,05. Simpulan: Ada perbedaan yang bermakna antara perkembangan anak yang mengikuti dan tidak mengikuti PAUD di Desa Gondoriyo. Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Perkembangan anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:48
Last Modified: 03 May 2018 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item View Item