STUDI KOMPARATIF ANTARA METODE QIRAATI DAN METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN (BTA) (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Qommar Dan Sekolah Dasar Islam (SDI) Cahaya Ilmu Semarang)

Azizah, Muftiya (2018) STUDI KOMPARATIF ANTARA METODE QIRAATI DAN METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN (BTA) (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Qommar Dan Sekolah Dasar Islam (SDI) Cahaya Ilmu Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Studi Komparatif Antara Metode Qiraati dan Metode Ummi Pada Pembelajaran Baca Tulis al-Quran (BTA) (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Qommar dan Sekolah Dasar Isla (SDI) Nurul Qommar Semarang) Tahun 2018”. Ini ditulis oleh Muftiya Azizah, NIM : 31501402090, dibimbing oleh Drs. M. Muhtar Arifin Sholeh, M.Lib. Kata Kunci: Studi Komparatif Antara Metode Qiraati dan Metode Ummi Pada Pembelajaran Baca Tulis al-Quran Studi Komparatif Antara Metode Qiraati dan Metode Ummi pada Pembelajaran Baca Tulis al-Quran adalah membandingkan pembelajaran Baca Tulis al-Quran antara Metode Qiraati dan Metode Ummi untuk mengetahui proses pembelajaran yang ideal dan mudah untuk peserta didik agar tujuan yang direncanakan dapat tercapai. Penelitian ini dilatarbelakangi banyak sekali masyarakat yang mengeluh bahwa lulusan SD Negeri banyak yang belum bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid. Hal itu juga didukung melihat kenyataan rendahnya prestasi BTA peserta didik sekarang, terutama pada materi membaca dan menulis huruf hijaiyah yang sudah mulai dikenalkan pada kelas II sekolah dasar. Prinsip pengajaran al-Quran pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak-anak dapat membaca al-Quran dengan baik dan benar. Guru dituntut untuk menguasai metode yang diterapkan agar supaya peserta didik dapat belajar baca tulis al-Quran dengan menyenangkan. Oleh karena itu, dalam hal ini banyak macam-macam metode baca tulis al-Quran yang digunakan di berbagai lembaga sekolah, yaitu ada metode qiraati, metode yanbu’a, metode iqra’, metode ummi, dan lain-lain yang mana penulis menitikfokuskan dalam metode qiraati dan metode ummi bertujuan untuk membandingkan antara kedua metode tersebut dari segi pelaksanaan pembelajaran BTA, metode mana yang lebih aktif dan efisien yang digunakan untuk peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Nurul Qommar dan Sekolah Dasar Islam Cahaya Ilmu Semarang ada pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang mana di sekoalh ini ada mata pelajaran Baca Tulis Al-Quran yang dijadikan sebagai mata pelajaran muatan lokal. Fokus penelitiannya adalah:1. Bagaimana proses pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan Metode Qiraati di SDI Nurul Qommar Semarang? 2. Bagaimana proses pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan metode Ummi di SDI Cahaya Ilmu Semarang? 3. Adakah persamaan dan perbedaan dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran antara Metode qiraati dan Metode Ummi? Adapun tujuannya adalah: 1. Untuk menjelaskan proses pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan Metode Qiraati di SDI Nurul Qommar Semarang. 2. Untuk menjelaskan proses pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan Metode Ummi di SDI Cahaya Ilmu Semarang. 3. Untuk menjelaskan persamaan dan perbedaan proses pembelajaran Baca Tulis Al-Quran antara Metode Qiraati dan Metode Ummi. Desain dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya adalah dengan mengumpulkan data-data berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Pelaksanaan Metode Qiraati dalam pembelajaran baca tulis al-Quran meliputi persiapan, proses dan penilaian guru baca tulis al-Quran dalam pembelajaran baca tulis al-Quran menggunakan metode qiraati di SDI Nurul Qommar sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh koordinator Qiraati dari segi guru, peserta didik, materi, metode, media, sarana dan prasarana dan evaluasi dalam pembelajaran baca tulis al-Quran. 2. Pelaksanaan Metode Ummi dalam pembelajaran baca tulis al-Quran meliputi persiapan, proses, dan penilaian guru baca tulis al-Quran dalam pembelajaran baca tulis al-Quran di SDI Cahaya Ilmu sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh koordinator Ummi dari segi guru, peserta didik, materi, metode, media, sarana dan prasarana dan evaluasi dalam pembelajaran baca tulis al-Quran. 3. Ada persamaan dan perbedaan dalam pembelajaran baca tulis al-Quran dengan menggunakan metode qiraati dan metode ummi, persamaanya dalam pembelajaran baca tulis al-Quran mempunyai tujuan yang sama yaitu agar anak-anak dapat membaca al-Quran dengan baik dan benar, sedangkan perbedaanya yaitu dari sistem pembelajarannya pada masing-masing metode dengan menggunakan buku panduan dari masing-masing metode tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:50
Last Modified: 03 May 2018 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item