FARIDA, NIA (2017) ANALISA TINGKAT KECACATAN PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA DAN USULAN PENINGKATAN KUALITAS DENGAN KONSEP KAIZEN PADA PT. KAMALTEX INDONESIA. Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
PT Kamaltex Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pemintalan benang. PT Kamaltex Indonesia memproduksi dua katagori produk yaitu Regular Product dan Special Product . Produk berkategori reguler tidak lepas dari adanya kecacatan dan ketidaksesuaian atas kualitas dari standar produk yang telah di tetapkan oleh perusahaan. Mesin pada spinning 3 ini paling baru diantara mesin yang lain, namun pada area spinning 3 menghasilkan produk yang memiliki tingkat keacacatan hampir sama dengan mesin yang digunakan pada spinning 1 maupun pada spinning 2. Sehingga penelitian ini difokuskan pada produk regular dan di area spinning 3. Jumlah kecacatan yang ada pada area spinning 3 diperkirakan tingkat kecacatan yang dihasilkan masih tinggi. Kecacatan yang dominan lebih mengarah pada fisik produk itu sendiri sehingga perlu adanya identifikasi atas faktor-faktor yang menyebabkan kecacatan dan ketidaksesuaian produk yang dihasilkan. Tingkat kecacatan produk dapat diukur dengan menggunakan Six-Sigma DMAIC yaitu defect, measure, analyze, improve dan control. Peningkatan kualitas produk dapat dilakukan dengan menggunakan konsep kaizen yaitu diantaranya 5W+1H, five M checklist, dan five step plan. Jenis kecacatan produk yang ada pada perusahaan yaitu gulungan jelek, ribbon, stiching, cone penyok, tanpa ekor dan kotordengan diagram pareto maka diketahui 3 cacat terbesar yaitu gulungan jelek, tanpa ekor dan stiching. faktor-faktor cacat produk tersebut dapat dianalisa dengan menggunakan diagram fishbone. Faktor tersebut dilihat dari segi material, mesin, manusia, metode dan lingkungan. Setelah mengetahui penyebab dari kecacatan tersebut maka dilakukan tahap perbaikan sebagi upaya peningkatan kualitas produk dengan menggunakan 5W+1H ( what, why, where,when, who, how ) five M checklist ( material, man, machine, method and environment) dan five step plan (seiri,seiton, seiso, seiketshu,shitsuke). Hasil dari perhitungan dengan six-sigma menujukan bahwa tingkat kecacatan produk sebesar 868,193 dengan kapabilitas sigma sebesar 4,64 sigma. Artinya bahwa sari satu juta kesempatan yang ada kemungkinan terdapat 868,193 kemungkinan bahwa proses tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Tingkat kecacatan tersebut diperoleh dengan pengukuran DPMO. Upaya yang harus dilakukan perusahaan adalah dengan melakukan penekanan produk cacat agar menuju 6 sigma. Usulan perbaikan untuk peningkatan kualitas yaitu perusahaan perlu mengadakan pengawasan control lebih ketat lagi dalam hal kebersihan, pengecekan bahan baku yang digunakan untuk lebih ketat. Pihak perusahaan harus menekankan pada operator untuk melakukan perbaikan atau pengecekan mesin, memberikan perawatan mesin secara berkala. Memberikan arahan dan nasehat kepada karyawan agar mempunyai sikap menjaga perusahaan dan lebih bertanggung jawab lagi. Karyawan harus mengikuti SOP yang di standarkan perusahaan, menciptakan lingkungan yang nyaman sehingga operator dapat bekerja secara maksimal. Kata Kunci : Tingkat Kecacatan Produk, Peningkatan Kualitas, Six-sigma DMAIC, Konsep Kaizen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 09:39 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 09:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10418 |
Actions (login required)
View Item |