Putra, Rian Permana and Rizalni, Robi (2017) ANALISIS PERBANDINGAN KUAT TEKAN PAVING BLOCK BERBAHAN NORMAL DENGAN PAVING BLOCK BERBAHAN TAMBAHAN. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (17kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
Abstract
Paving block hexagonal merupakan salah satu perkerasaan jalan dengan nilai estetika yang tinggi dan pembuatan yang mudah dan cepat. Bahan-bahan paving block mudah dicari seperti semen Portland, agregat halus dan abu batu. Dalam penelitian ini digunakan penambahan modifikasi serat nilon, potongan ban dan serat kawat bendrat. komposisi dari tiga campuran tersebut adalah ditinjau dari berat paving block normal. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan uji kuat tekan dan kuat lentur paving block normal dan dengan penambahan bahan modifikasi. Hasil pengujian yang didapat nilai optimum yang didapat dari uji kuat tekan paving block dengan modifikasi adalah dengan modifikasi bahan campuran serat nilon 0,2% didapat nilai 380,61 Kg/cm2 pada umur 7 hari, dengan peningkatan kuat tekan sebesar 6,4% dari paving block normal. Dan hasil pengujian kuat lentur dengan penambahan modifikasi yang ditinjau dari hasil optimum masing-masing bahan modifikasi adalah penambahan serat kawat 1,5 % sebesar 7,64 Mpa dengan peningkatan kuat lentur sebesar 60,47 % dari balok uji normal. Dengan adanya pengujian kuat tekan dan kuat lentur tersebut dapat diketahui hasil optimum dengan penambahan modifikasi serat nilon, potongan ban dan serat kawat bendrat terhadap peningkatan dan penurunan kuat tekan dan kuat lentur paving block. Kata Kunci : Uji Kuat Tekan, Uji Kuat Lentur, Penambahan Campuran dan paving block hexagonal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:55 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:55 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10351 |
Actions (login required)
View Item |