ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL (EARNED VALUE) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Hotel Quin Semarang)

RIDA, NILNA and FARIDA, NUR (2017) ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL (EARNED VALUE) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Hotel Quin Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Pembangunan di bidang pelayanan penginapan (hotel) sekarang ini masih terus dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan fasilitas-fasilitas umum yang memadai. Pada proyek Pembangunan Hotel Quin Semarang, pihak owner berharap proyek dapat selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal perencanaan. Karena, umumnya pada suatu proyek selalu terjadi permasalahan penyimpangan terhadap waktu dan biaya. Tujuan penelitian tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui kinerja proyek pembangunan Hotel Quin Semarang, mengetahui kesesuaian biaya perencanaan dengan biaya yang dikeluarkan, serta mengetahui kesesuaian jadwal rencana dengan jadwal realisasi proyek. Pada penelitian tugas akhir ini, metode yang digunakan adalah metode konsep nilai hasil (Earned Value). Metode ini merupakan suatu metode pengendalian yang digunakan untuk mengendalikan biaya dan jadwal proyek. Metode ini memiliki tiga indikator, yaitu: BCWP (Budget Cost of Work Performanced), BCWS (Budget Cost of Work Schedule), ACWP (Actual Cost of Work Performed), serta memberikan informasi CV (Cost Varians), SV (Schedule Varians), CPI (Cost Performance Index), SPI (Schedule Performance Index) proyek pada suatu periode pelaporan. Dari metode ini juga didapatkan informasi perkiraan besarnya biaya dan lamanya waktu untuk penyelesaian seluruh pekerjaan berdasarkan indikator kinerja saat pelaporan. Data yang digunakan untuk perhitungan adalah data sekunder yang diperoleh dari proyek, yaitu: time schedule, Rencana Anggaran Biaya (RAB), serta laporan progres proyek. Hasil perhitungan berdasarkan monitoring sampai bulan ke-5, nilai schedule varians (SV) sebesar (29,44%). Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pekerjaan lebih cepat (10.25%) dari jadwal rencana. Sedangkan cost varians (CV) sebesar Rp. 430.095.419,39, hasil ini menunjukkan pekerjaan terlaksana dengan biaya yang digunakan kurang dari anggaran. Untuk nilai CPI (Cost Performed Index) sebesar 1,06, karena nilai CPI lebih besar dari 1 berarti pengeluaran lebih kecil dari anggaran yang direncanakan. Sedangkan untuk niai SPI (Schedule Performed Index) sebesar 1,53, nilai SPI lebih dari 1 berarti kinerja proyek lebih cepat dari jadwal rencana. Diperkirakan waktu penyelesaian proyek ini (EAS) = 291 hari, berarti proyek mengalami percepatan jadwal, dimana penyelesaian proyek sesuai perencanaan seharusnya selama 364 hari. Untuk perkiraan biaya penyelesaian proyek (EAC) = Rp. 24.803.549.750,61 lebih kecil dari nilai anggaran yaitu sebesar Rp. 25.233.645.170. Kata kunci: Pengendalian, Biaya, Waktu, Metode Nilai Hasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:54
Last Modified: 13 Feb 2018 03:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item