ANALISIS KINERJA JALAN BRIGJEN SUDIARTO SEMARANG (Studi Kasus : Ruas Jalan dari Jembatan Penyeberangan Sampai Depan SUPER INDO)

Sulaeman, Muhammad and Rully, Arbinta (2017) ANALISIS KINERJA JALAN BRIGJEN SUDIARTO SEMARANG (Studi Kasus : Ruas Jalan dari Jembatan Penyeberangan Sampai Depan SUPER INDO). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Jalan Brigjen Sudiarto Semarang merupakan salah satu jalan sekunder yang terletak cukup srategis di kota Semarang. Pada Rencana Tata Ruang,Wilayah Kota Semarang 2011-2031, Jalan Brigjen Sudiarto berada di dalam zona I yang merupakan wilayah Perkantoran, perdagangan dan jasa di Kota Semarang. Hal Inilah yang menyebabkan jalan ini sering mengalami kemacetan akibat tingginya arus lalu lintas terutama pada pagi dan sore hari. Oleh Karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan Brigjen Sudiarto, dengan indikator kinerja derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan. Tahapan analisa jalan Brigjen Sudiarto yakni observasi, survey dan pengumpulan data, rekapitulasi data, analisis dan pembahasan. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dan data primer. Data primer yakni data arus lalu lintas, geometrik ruas jalan Brigjen Sudiarto, dan data sekunder yakni data pertumbuhan penduduk, peta kota Semarang, data pertumbuhan kendaraan. Adapun ketentuan serta analisis kinerja jalan ini berpedoman pada Manual=Kapasitas’Jalan Indonesia’1997 Hasil analisis terhadap kondisi jalan tersebut pada bulan Mei tahun 2017 memiliki nilai arus lalu lintas (Q) = 4.643,7 smp/jam, nilai kapasitas (C) = 5.703,6, derajat kejenuhan (DS) = 0,81 yang mendekati nilai 1. Nilai ini tidak memenuhi kondisi yang seharusnya, kecepatan arus bebas (FV) = 52,47 km/jam, serta tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) dikategorikan tingkat D. Berdasarkan hasil perhitungan yang terjadi pada tahun 2017, perlu mencari solusi/alternatif – alternatif untuk menurunkan nilai derajat kejenuhan (DS) dengan cara meningkatkan nilai kapasitas Kata Kunci : Arus Lalu Lintas, Kapasitas Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan/Level of service (LOS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:52
Last Modified: 13 Feb 2018 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item