PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS V SD NEGERI KALISARI 3

Mahbubah, Naili (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS V SD NEGERI KALISARI 3. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan karena keterampilan menulis siswa masih rendah dikarenakan ketika mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa kurang menyukai kegiatan menulis seperti menulis puisi karena siswa kesulitan dalam menuangkan ide yang mereka miliki ke dalam tulisan, dan perhatian siswa terhadap penjelasan guru juga kurang, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentenceyang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa melalui model pembelajaran Concept Sentencedi kelas V SD Negeri kalisari 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalisari 3 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yang terdiri dari lembar kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas siswa ditunjukkan dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai presentase keseluruhan 80,53% dan pada siklus II dengan nilai presentase keseluruhan 91,83%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Sentencedapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa di kelas V SD Negeri Kalisari 3. Kata Kunci: Keterampilan menulis, Puisi bebas, Model pembelajaran Concept Sentence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item