PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN BANGETAYU KULON

Nuraini, Iffah (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN BANGETAYU KULON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukan dengan peningkatan indikator tanggung jawab siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 1378dengan presentase 80,11% termasuk kriteria tanggung jawab baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 1521 dengan persentase 88,43% termasuk kriteria tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,1 dan persentase ketuntasan kelas 81,4%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,4 dan persentase ketuntasan kelas 90,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Auditory Intellectualy Repetition berbantuan media visual dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS di kelas V SDN Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk Kota Semarang. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Auditori Intellectualy Repetition

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item