PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDI SULTAN AGUNG 4

Utami, Dian Nursolekha Wira (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDI SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena keterampilan berbicara siswa masih tergolong rendah dikarenakan ketika mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa masi banyak yang pasif dan malu untuk mengungkapkan ide maupun gagasannya, siswa cenderung malu untuk bertanya kepada guru apabila ada hal yang belum dimengerti, oleh karena itu dalam pembelajaran berbicara masih banyak siswa yang diam dikelas. Dengan demikian tindakan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Time Token berbantuan media gambar di kelas V SD Islam Sultan Agung 04 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianotindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatanodan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Islam Sultan Agung 04 Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non tes yang terdiri dari lembar unjuk kerja, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan berbicara siswa ditunjukkan dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,86 dan persentase 55,26%, dan pada siklus II nilai rata-rata 80 dan persentase 92,10%. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan model pembelajaran Time Token berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SD Islam Sultan Agung 04 Semarang. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Time Token, media gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:44
Last Modified: 13 Feb 2018 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item