PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL MEA BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KARANGROTO 04

Apriliyana, Apriliyana (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL MEA BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KARANGROTO 04. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan tanggung jawab belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran means-ends analysis berbatuan media blok pecahan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran means-ends analysis berbantuan media blok pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Karangroto 04 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab pada pra siklus dalam kriteria baik dan pada siklus I dalam kriteria baik dengan nilai klasikal 79%. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh rata-rata 58,25 dengan persentase ketuntasan belajar 26%. Dengan hal ini tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih belum mencapai indikator keberhasilan yang di tentukan, sehingga perlu dilakasanakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dalam kriteria sangat baik dengan nilai klasikal 84%. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 73,31 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diterapkannya model pembelajaran means-ends analysis berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah mateatika di kelas V SD Negeri Karangroto 04 tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : Tanggung jawab, kemampuan pemecahan masalah matematika, MEA, media blok pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item