PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS VA SD NEGERI 2 PENDOSAWALAN JEPARA

Ristina, Anita (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS VA SD NEGERI 2 PENDOSAWALAN JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar PKn di kelas VA SD Negeri 2 Pendosawalan, Jepara pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Oleh karena itu, guru menggunakan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn di kelas VA SD Negeri 2 Pendosawalan Jepara. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Pendosawalan Jepara pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 23 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan sikap motivasi belajar ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah skor setiap siklusnya. Siklus I memperoleh skor 721 dengan persentase 78,36% termasuk kriteria motivasi belajar baik. Siklus II mendapatkan skor 762 dengan persentase 82,83% termasuk kriteria motivasi belajar sangat baik. Meningkatnya prestasi belajar ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar mulai dari siklus I menuju siklus II. Siklus I dengan rata-rata 80,65 ketuntasan klasikal 82,60%. Siklus II rata-rata 84,13 ketuntasan klasikal 86,95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan sikap motivasi dan prestasi belajar PKn di kelas VA SD Negeri 2 Pendosawalan Jepara. Kata kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item View Item