MENINGKATKAN MOTIVASI DAN NILAI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING SISWA KELAS V SD N 05 PULOKULON

Faizal, Aji Al (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN NILAI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING SISWA KELAS V SD N 05 PULOKULON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Pada proses pembelajaran IPA motivasi siswa kurang nampak hal ini ditunjukan belum adanya hasrat dan keinginan berhasil, dorongan kebutuhan dalam belajar, kegiatan yang belum siswa menarik dalam pembelajaran. ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran masih berpusat pada guru. Pada penggunaan model konvensional ini, siswa masih belum bisa berkonsentrasi pada pembelajaran, siswa masih ribut sendiri. Hal ini menyebabkan prestasi atau nilai belajar siswa kurang sehingga masih ada siswa yang kurang memenuhi kriteria ketuntasan belajar (KKM). Sesuai dengan masalah yang ada tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SD Negeri 05 Pulokulon dengan menggunakan model pembelajaran problem possing dan untuk meningkatkan nilai belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 05 Pulokulon dengan menggunakan model pembelajaran problem possing. Model pembelajaran problem possing adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran secara langsung untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam menganalisis permasalahan yang ada dengan serangkaian kegiatan-kegiatan yang lebih bermakna. Hasil dari penelitian ini adalah motivasi belajar mengalami peningkatan dengan ditunjukan hasil penelitian dari siklus I mendapatkan presentase skor 73% dengan kriteria baik, sementara pada siklus II mendapatkan presentase skor 85% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan peningkatan tiap siklusnya. Meningkatkan nilai belajar dikelas V SD N 05 Pulokulon kabupaten Grobogan menggunakan model Problem possing maka dapat disimpulkan bahwa motivasu belajar mengalami peningkatan dengan ditunjukan hasil penelitian dari siklus I mendapatkan presentase 51% dengan kriteria cukup, sementara siklus II mendapatkan presentase skor 85% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Nilai Belajar, Model Problem Possing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item