PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDI SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

Sholeh, Ahmad (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDI SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)

Abstract

Kemampuan tanggung jawab siswa dan prestasi belajar secara umum masih rendah, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran Talking Stick digunakan sebagai model pembelajaran berupa tongkat sehingga siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, memberikan keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan serta menambah pengetahuan dalam penggunan model pembelajaran berbasis tongkat berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS materi perjuangan tokoh melawan penjajah melalui model pembelajaran Talking Stick siswa kelas V di SD Islam Sultan Agung 3. Data tes di analisis dengan menggunakan tes evaluasi belajar dan angket tanggung jawab yang diberikan dalam pelaksanaan 2 siklus. Lembar angket tanggung jawab dipakai untuk mengukur peningkatan tanggung jawab sedangkan Tes evaluasi belajar digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi belajar. Hasil yang di capai dalam penelitian ini tentang peningkatan tanggung jawab adalah pada siklus I mendapat jumlah skor 1280 dengan persentase 62% dan termasuk kriteria kerja sama siswa baik. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat bagus, yaitu dengan jumlah skor keseluruhan 1500 dengan persentase 87,6% dan termasuk pada kriteria tanggung jawab siswa sangat baik. Kemudian untuk hasil tes evaluasi belajar siklus I mendapatkan rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal 52% dan untuk siklus II mengalami peningkatan rata-rata 73 dengan ketuntasan klasikal 82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V di SD Islam Sultan Agung 3. Model Talking Stick dapat diimplementasikan sebagai bahan kajian pembelajaran bagi guru untuk digunakan di kelas V SD Islam Sultan Agung 3 sebagai alternatif metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : Model Talking Stick, Tanggung Jawab, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10145

Actions (login required)

View Item View Item