PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SISWA KELAS V SDN 02 KALIPUCANG KULON

Saputra, Adhi Dhadhang (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SISWA KELAS V SDN 02 KALIPUCANG KULON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Prestasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 02 Kalipucang Kulon tahun pelajaran 2016/2017 masih rendah. Hal tersebut karena minat belajar siswa yang begitu rendah. Oleh karenanya diperlukan upaya untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model yang lebih efektif, salah satunya adalah model Scramble dengan berbantu media audiovisual. Desain penelitianya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pembahasan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil pre test dan post test. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan lembar observasi,lembar pengamatan sikap siswa. Berdasarkan persentase ketntasan belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata post test sebesar 70,55 dengan persentase ketuntasan 62,50% dan pada siklus II nilai rata-rata post test sebesar 86,50 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Data non tes nilai minat belajar siswa pada siklus I sebesar 76,4% dan siklus II meningkat menjadi 85,55%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Scramble dengan berbantu media audiovisual pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 02 Kalipucang Kulon dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Minat, Prestasi Belajar, Scramble, Audiovisual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item