PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY DENGAN PENDEKATAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Mulya, Retno Andining Tiyas (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY DENGAN PENDEKATAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)

Abstract

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Knisley dengan Pendekatan Mind Maping, Kemapuan Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika Knisley dengan pendekatan Mind Mapping, peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran matematika Knisley dengan pendekatan Mind Mapping, serta Perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran matematika Knisley dengan pendekatan Mind Mapping dengan siswa yang menggunakan Student Teams Achievment Division (STAD) kelas X SMA Wahid Hasyim Tersono Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Wahid Hasyim Tersono Batang. Sampel penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling yaitu dari keenam kelas diambil kelas X-A sebagai kelas Eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Dengan variable bebasnya adalah aktivitas belajar siswa, sedangkan variable terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep siswa. Analisis penelitian ini adalah : 1) Uji Regresi Linier, 2) Uji t satu sampel, 3) Uji t dua sampel. Pengumpulan data menggunkan metode observasi/pengamatan dan metode test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap kmampuan pemahaman konse siswa pada pembelajaran matematika Knisley dengan pendekatan Mind Mapping. Dengan nilai R Square sebesar 0,739 = 73,9 %. Ini berarti 73,9 % variasi yang terjadi didalam Y dapat dijelaskan oleh X melalui model regresi Ŷ=-3,911+0,954 X sedangkan 26,1 % nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2) Terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah melaksanakan pembelajaran matematika Knisley dengan pendekatan Mind Mapping. Hal ini berasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan IBM SPSS versi 22 diperoleh nilai rata-rata nilai akhirnya adalah 73,18 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM 70. 3) Terdapat perbedaan hasil kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas control. Hal ini dilihat dari tabel Group Statistics bahwa kelas eksperimen memiliki mean sebesar 73,18 dan kelas kontrol emiliki mean 71,88. Pebedaan mean kedua kelas tersebut sebesar 1,93. Kemudian dilanjutkan pada tabel Independent Sampel Test diperoleh nilai thitung: 0,767 > ttabel: 0,682 maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan perlakuan yang berbeda secara signifikan menghasilkan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:42
Last Modified: 13 Feb 2018 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item