Aliyah, Vita Nur (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA GAMBAR BERTEMA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 PRINGAPUS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Kata kunci: Menulis Poster, Model Pembelajaran Kontekstual, dan Media Gambar Bertema Iklan Layanan Masyarakat. Keterampilan menulis poster merupakan salah satu materi pembelajaran yang harus dipelajari oleh siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti diketahui bahwa pembelajaran menulis poster masih rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat untuk meningkatkan pembelajaran siswa dalam menulis poster. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis poster denganmodel pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII G SMP N 1 Pringapus setelah mengikuti pembelajaran menulis poster dengan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat siklus yaitu prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Berdasarkan hasil tes peningkatan keterampilan menulis poster diketahui dari hasil tes Prasiklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Nilai rata-rata kumulatif pada prasiklus mencapai 56 dengan kategori kurang. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai sebesar 67,37 dengan kategori cukup. Terjadi peningkatan sebesar 11,43%. Pada prasiklus ke siklus I. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus II mencapai sebesar 74,62 dengan kategori cukup. Terjadi peningkatan sebesar 7,25% dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus III mencapai sebesar 79,12 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan sebesar 4,5% dari siklus II ke siklus III. Perubahan perilaku siswa juga terlihat setelah siswa mengikuti pembelajaran. Sikap dan motivasi siswa dalam berperilaku positif tersebut dapat dibuktikan pada hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes dan nontes nilai siswa semakin meningkat dan siswa lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran menulis poster yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:41 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10114 |
Actions (login required)
View Item |