Nugraheni, Untari (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI ALJABAR PADA SISWA SMP NEGERI 39 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
SKRIPSI UNTARI NUGRAHENI _422110035__1cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI UNTARI NUGRAHENI _422110035__1abstrak.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI UNTARI NUGRAHENI _422110035__1daftar isi.pdf Download (818kB) | Preview |
Abstract
Nugraheni, U. 2015“Keefektifan Model Pembelajaran Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Aljabar Pada Siswa SMP N 39 Semarang”. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd Kata kunci : course review horay, student teams achievement divisions, hasil belajar. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi siswa terhadap hasil belajar, mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran course review horay dan model pembelajaran student teams achievement divisions dalam materi operasi aljabar siswa kelas VIII SMP N 39 Semarang tahun ajaran 2014/2015, serta mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran course review horay mencapai kriteria baik yaitu 75. Tekhnik Pengambilan sampel menggunakan tekhnik cluster random sampling. Subyek penelitian adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen, dan VIIIF sebagai kelas kontrol di SMP N 39 Semarang dengan jumlah 62 siswa, untuk masing-masing kelas berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil tes uji coba, semua tes yang diuji cobakan terbukti valid dengan reliabilitas tinggi, daya pembeda dan taraf kesukaran di kelas VIIIE SMP N 39 Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, metode dokumentasi metode tes, dan metode angket. Selanjutnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama atau homogen. Data diambil dari nilai sebelum penelitian pada materi sistem koordinat. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 75,70%, motivasi siswa diperoleh persentase sebesar 72,54%. Pada didtribusi t diperoleh niai sig. Aktivitas t_hitung=6,235>t_tabel=1,697 dengan probbilitas sig. 0,000<0,05. Pada distribusi t motivasi t_hitung=3,504>t_tabel=1,697 dengan probbilitas sig. 0,002<0,05. Ini berarti variabel aktivitas dan motivasi mempunyai hubungan linear terhadap hasil beajar. Pengaruh aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar diperoleh persamaan Y=-9,538+0,562X_1+0,636X_2, nilai F_hitung=46,043>F_tabel=1,82 dengan probabilitas nilai sig. Sebesar 0,000=0%<5% dan nilai R square 0,767 = 76,7%, ini berarti 76,7% variasi yang terjadi didalam Y dapat dijelaskan oleh X_1dan X_2 melalui model regresi Y=-9,538+0,562X_1+0,636X_2, sedangkan 23,3%nya dipengaruhi oleh variabel lain. Rata-rata hasil belajar siswapada kelas eksperimen diperoleh sebesar 79,19. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 67,52. Pada kelas eksperimen 77,4% siswa telah tuntas belajar dengan sesui dengan batas minimal yang teah ditetapkan yaitu 75. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75% tercapai dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan model pembelajaran course review horay pada pembelajaran dapat dikatakan lebih baik dari pada pembelajaran yang model student teams achievement divisions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 07:00 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/785 |
Actions (login required)
View Item |