PENGARUH BRAND IMAGE DAN SPIRITUAL EXPERIENCE TERHADAP WORD OF MOUTH WISATAWAN MASJID MENARA KUDUS, DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Putra, Nicolas Ade Wika (2025) PENGARUH BRAND IMAGE DAN SPIRITUAL EXPERIENCE TERHADAP WORD OF MOUTH WISATAWAN MASJID MENARA KUDUS, DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402100015_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30402100015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image dan Spiritual Experience terhadap Word of Mouth dengan Kepuasan Pengunjung sebagai variabel intervening. Masjid Menara Kudus, sebagai salah satu destinasi wisata religi bersejarah di Indonesia, menjadi objek penelitian ini. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan perilaku berbagi pengalaman pengunjung menjadi semakin penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung Masjid Menara Kudus. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung dan Word of Mouth, sedangkan Spiritual Experience berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung dan Word of Mouth. Selain itu, Kepuasan Pengunjung mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Word of Mouth, yang berarti pengunjung yang puas lebih cenderung merekomendasikan destinasi ini kepada orang lain. Analisis juga menunjukkan bahwa Kepuasan Pengunjung memediasi hubungan antara Brand Image dan Word of Mouth, serta hubungan antara Spiritual Experience dan Word of Mouth secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa pengelola Masjid Menara Kudus perlu meningkatkan citra merek melalui promosi dan peningkatan fasilitas, serta memperkaya pengalaman spiritual pengunjung untuk meningkatkan kepuasan dan mendorong Word of Mouth positif. Kata kunci : Brand Image, Spiritual experience, Kepuasan Pengunjung, Word of mouth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41332

Actions (login required)

View Item View Item