Eksandy, Firman (2024) ANALISIS PENGARUH NILAI SAIDI DAN SAIFI TERHADAP RUGI-RUGI DAYA PADA GARDU INDUK COMAL 150/20 Kv. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Teknik Elektro_30602000066_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Teknik Elektro_30602000066_pernyataan_publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keandalan sistem distribusi tenaga listrik merupakan faktor penting dalam menjamin keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai SAIDI (System Average Interruption Duration Index) dan SAIFI (System Average Interruption Frequency Index) terhadap rugirugi daya yang terjadi pada Gardu Induk Comal. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, yaitu pengumpulan data sekunder nilai SAIDI, SAIFI, dan rugi-rugi daya selama 1 tahun pada 2023 dari dokumentasi Perusahaan Listrik Negara (PLN). Analisis meliputi perhitungan laju kegagalan, SAIDI dan SAIFI akibat gangguan terencana dan tidak terencana, nilai energi tidak tersuplai (ENS), serta kerugian finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gardu Induk Comal memiliki nilai SAIDI 6,01 jam/pelanggan/tahun dan SAIFI 4,89 kali/pelanggan/tahun. Rugi-rugi daya mencapai 3.047.197 kWh selama periode pengamatan. Kerugian finansial akibat ENS diestimasi sebesar Rp3.361.808.328,29,-. Nilai SAIDI dan SAIFI yang tinggi berkorelasi dengan peningkatan rugi-rugi daya dan kerugian finansial. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan keandalan sistem melalui perbaikan pemeliharaan peralatan, manajemen beban, dan optimalisasi konfigurasi jaringan. Kata Kunci: Keandalan Sistem Distribusi, SAIDI, SAIFI, Rugi-rugi Daya, Gardu Induk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35578 |
Actions (login required)
View Item |